keunggulan papan nama akrilik

Jenis Material Huruf Timbul untuk Signage di Dalam Ruangan

Table of Contents

Semakin meningkatnya tren penggunaan huruf timbul secara umum dianggap sebagai salah satu desain terbaik untuk menonjolkan sebuah bisnis tertentu lewat signage atau papan nama. Desainnya yang terlihat elegan dan kuat, sering menjadi pertimbangan utamanya

Agar mendapatkan tampilan terbaik, material yang digunakan juga harus disesuaikan dengan beberapa hal seperti kondisi interior, corak dan warnanya, hingga model huruf. Selengkapnya bisa Anda simak lewat ulasan berikut ini.

Jenis Material yang Terbaik untuk Huruf Timbul

Ada beberapa jenis material terbaik yang bisa diaplikasikan ke dalam desain huruf dengan aksen timbul seperti tiga dimensi. Mulai dari akrilik, metal laminasi, PVC, plastik khusus, hingga menggunakan bahan kayu.

1. Akrilik

Akrilik sangat cocok untuk berbagai jenis signage karena strukturnya sangat fleksibel dan kuat. Jika dipotong secara presisi dengan menggunakan laser, bagian tepinya akan terlihat tajam sehingga bentuknya terlihat sangat rapi.

Tidak mengherankan jika material satu ini menjadi pilihan utama untuk signage di dalam ruangan maupun luar ruangan. Lembaga seperti sekolah, organisasi amal, dan perusahaan, selalu menggunakannya karena dinilai lebih artistik.

2. Plat besi

Bahan metal untuk huruf timbul merupakan material paling populer berikutnya setelah akrilik. Meski mulai bermunculan bahan-bahan seperti logam laminasi untuk meniru tampilannya, aura besi dari metal tersebut tidak akan tergantikan.

Selain dikenal kuat dan tahan lama, bahan yang telah dibentuk bisa dikombinasikan dengan jenis metal lainnya seperti tembaga, perunggu, kuningan, aluminium, serta baja, dengan cara disikat dan dipoles sebagai finishing-nya.

3. Metal laminasi

Logam dengan corak laminasi menawarkan beberapa keunggulan jika digunakan sebagai signage di dalam ruangan. Bahan tersebut mampu meniru tampilan logam asli sehingga tampak elegan, dan sangat awet untuk waktu lama.

Biasanya, laminasi logam tersebut dilekatkan pada substrat yang terbuat dari bahan PVC, busa, atau akrilik. Substrat kemudian dicat agar tampilannya sesuai dengan kilau logam sehingga hasil akhirnya terlihat sangat mewah.

4. Plastik khusus

Material satu ini sejatinya bukan plastik biasa, tapi jenis plastik dengan daya tahan tinggi yang bisa dibentuk sesuai selera. Keunggulan lainnya adalah tahan dari warna pudar dan paparan sinar UV.

Bahkan ketika masuk dalam proses pencetakan, plastik tersebut memiliki kedalaman lebih besar dibandingkan dengan bahan akrilik atau PVC yang dipotong datar. Permukaannya juga bisa dicat menggunakan gloss, semi-gloss, hingga chrome.

3. PVC

Huruf timbul dari bahan PVC bisa menjadi opsi terbaik karena struktur dari bahan tersebut terkenal sangat kuat, ringan, fleksibel dan lebih tipis dari akrilik. Dari segi harga juga sangat terjangkau

Baca juga: Alasan Desain Huruf Timbul Cocok untuk Branding

Selain itu, PVC juga dapat menahan beban berat tanpa menyebabkan strukturnya tertekuk atau melengkung. Ini artinya, desain apapun dengan menggunakan bahan tersebut bakal lebih mudah dirawat untuk penggunaan jangka Panjang.

4. Kayu

Bahan kayu merupakan salah satu material yang mungkin jarang menjadi pilihan utama karena harus disesuaikan dengan beberapa hal. Selain dari segi interior ruangan, penyesuaian juga dilihat dari elemen penunjang lainnya

Kayu dapat dibentuk menjadi bentuk panel, potongan-potongan huruf, hingga dekorasi dengan corak sandblast, hingga dikombinasikan dengan akrilik. Warnanya juga bisa disesuaikan dengan gaya interior di dalam ruangan agar terlihat menyatu.

5. Menggunakan kombinasi bahan

Salah satu bahan yang disebutkan di atas bisa dikombinasikan agar papan nama Anda terlihat lebih berwarna dan eksklusif. Baik itu laminasi logam pada substrat PVC atau grafik pada panel akrilik.

Ada juga opsi untuk menggunakan logam dan kayu asli, hingga bahan plastik yang bisa didesain secara khusus agar papan nama tampak terlihat lebih menarik. Semua tergantung dengan pilihan selera Anda.

Penggunaan material di atas tentu bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Semua bahan tersebut juga cocok diaplikasikan ke dalam desain huruf timbul karena akan terlihat sangat elegan dan mudah dibentuk.

Cimika Solusi Kreatif bergerak di bidang outdoor & indoor advertising, pengadaan media promosi dalam bentuk reklame yang ditempel di bangunan, di berbagai sudut jalan, ataupun di tempat-tempat lainnya yang dikehendaki.

Cimika Solusi Kreatif ditenagai oleh para pekerja yang berpengalaman bertahun-tahun di industri ini. Kami siap melayani kebutuhan reklame Anda. Hubungi customer service melalui telpon atau chat WhatsApp di nomor 0812-5553-4141 atau email ke info@cimika.id

4.9
Rated 4.9 out of 5

Bagikan artikel ini:

Silakan chat dengan tim kami CS akan merespons dalam beberapa menit
Halo 👋 ada yang bisa kami bantu?