tips merawat huruf timbul

Tips Merawat Huruf Timbul Agar Tahan Lama

Table of Contents

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan huruf timbul untuk branding begitu populer di Indonesia. Sebenarnya kegunaan huruf yang timbul bisa dikatakan sangat banyak misalkan saja yaitu untuk menghiasi ruangan.

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh orang-orang yaitu adalah melakukan perawatan. Padahal melakukan perawatan huruf timbul sangat penting dilakukan agar tampilannya tetap menarik dan juga tahan lama.

Apalagi jika pemasangan huruf timbul diletakkan di luar ruangan yang menyebabkan terkena air hujan dan juga sinar matahari. Walaupun sebenarnya tingkat keawetan sangat dipengaruhi oleh jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Akan tetapi dengan menggunakan teknik perawatan yang benar, huruf timbul akan bertahan lebih lama dan juga tampilannya tidak akan jauh berbeda seperti saat baru dibuat. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan perawatan secara rutin.

Tentunya akan sangat disayangkan jika Anda sudah mengeluarkan uang banyak untuk membuatnya, tetapi tidak dirawat dengan baik. Hal ini bisa membuat bahan cepat rusak dan juga uang yang Anda keluarkan terlihat sia-sia.

Ketika dirawat dengan baik, setidaknya desain huruf timbul yang Anda buat bisa bertahan lama sehingga tampilannya tetap menarik untuk dipandang. Karena sebenarnya untuk melakukan perawatan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan dan akan memberikan dampak yang signifikan terhadap keawetan dan juga tampilan dari desain yang dibuat.

Cara Melakukan Perawatan Huruf Timbul

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika sangat penting untuk melakukan perawatan agar material yang digunakan bisa bertahan lama. Berikut beberapa cara perawatan yang dapat Anda lakukan secara mandiri.

1. Dibersihkan secara rutin

Salah satu cara paling sederhana untuk melakukan perawatan yaitu adalah dengan mengelapnya. Dengan menggunakan cara ini akan membuat debu yang menempel akan hilang.

Sangat disarankan bagi Anda untuk mengelapnya pada pagi hari dan sore hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat mengelap dengan kain yang basah terlebih dahulu, setelah itu mengelapnya dengan kain yang kering.

Dengan menggunakan teknik seperti ini debu yang menempel dapat terangkat dengan lebih sempurna. Dengan begitu bahan material akan tampak kinclong dan juga enak untuk dipandang mata.

2. Menggunakan bahan pembersih agar hasilnya lebih maksimal

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka Anda dapat menggunakan bahan pembersih sesuai dengan material yang digunakan. Misalkan saja untuk huruf timbul galvanis, maka bisa menggunakan bahan pembersih seperti wax.

Jika Anda menggunakan bahan lain seperti misalnya kuningan maka harus disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Karena ketika berbeda bahan pembuatan tentunya berbeda juga bahan yang digunakan untuk membersihkannya.

Baca juga: Jenis Material Huruf Timbul untuk Signage

Ada banyak sekali bahan pembuatan huruf timbul. Untuk itu Anda harus mempertimbangkannya dengan baik sebelum membuatnya. Usahakan untuk memilih bahan yang mudah untuk dirawat dan juga awet ketika digunakan.

3. Lakukan pemolesan dengan alat khusus

Bisa dikatakan jika Anda menggunakan bahan seperti besi sangat rentan terhadap serangan karat. Jika sudah terkena karat tentunya tampilannya tidak akan menarik ketika baru dibuat.

Untuk itu Anda perlu dibersihkannya dengan bantuan alat khusus agar karat bisa hilang kembali. Anda tidak harus melakukannya sendiri karena saat ini sudah ada banyak jasa perbaikan reklame yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hal semacam ini.

Melakukan perawatan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar huruf timbul tahan lama dan juga tampilannya tetap menarik seperti baru dibuat.

Cimika Solusi Kreatif bergerak di bidang outdoor & indoor advertising, pengadaan media promosi dalam bentuk reklame yang ditempel di bangunan, di berbagai sudut jalan, ataupun di tempat-tempat lainnya yang dikehendaki.

Cimika Solusi Kreatif ditenagai oleh para pekerja yang berpengalaman bertahun-tahun di industri ini. Kami siap melayani kebutuhan reklame Anda. Hubungi customer service melalui telpon atau chat WhatsApp di nomor 0812-5553-4141 atau email ke info@cimika.id

4.9
Rated 4.9 out of 5

Bagikan artikel ini:

Silakan chat dengan tim kami CS akan merespons dalam beberapa menit
Halo 👋 ada yang bisa kami bantu?