papan nama untuk promosi bisnis

Tips Membuat Papan Nama untuk Mempromosikan Bisnis

Table of Contents

Keberadaan papan nama sangat penting bagi sebuah bisnis karena menjadi salah satu cara untuk mengenalkan usahanya secara luas. Berhasil atau tidaknya komunikasi melalui media tersebut sangat bergantung pada kepiawaian pemiliknya.

Oleh sebab itu, proses membuat papan nama mulai dari awal hingga akhir tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Selain harus dikonsep secara matang, setidaknya ada beberapa tips di bawah ini yang harus diperhatikan.

Tips Membuat Papan Nama Bagi Pemilik Usaha

Agar mudah dikenali dan diingat oleh konsumen, signage yang akan dibuat harus memenuhi beberapa kriteria penting seperti penyesuaian dari sisi visual dengan bisnis, kemampuan mengalokasikan dana, hingga menggunakan material berkualitas.

1. Sesuaikan dengan bisnis yang ada

Langkah ini merupakan salah satu tahap awal yang sangat penting karena bakal menjadi penentu kesuksesan sebuah bisnis ke depannya. Pastikan informasi tersebut mewakili dan mampu menyampaikan tujuan dari merek Anda.

Setidaknya ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan agar tampilan signage tersebut sejalan dengan tujuan bisnis. Mulai dari segi nama, logo, warna, tata letak, hingga sisi unik sebagai nilai jual.

2. Pikirkan konsepnya dengan gambaran paling dasar

Papan nama yang bagus biasanya mampu menjelaskan tujuan mereka dari sebuah bisnis. Agar ke depannya lebih mudah divisualisasikan dalam bentuk prototipe, usahakan agar Anda membuat gambaran dasarnya sebagai pondasi.

Gambaran awal tersebut setidaknya telah mewakili esensi utama dari bisnis Anda seperti jenis layanan yang ditawarkan, identitas merek, penggunaan kombinasi warna, hingga gaya komunikasi kepada calon konsumen potensial secara umum.

3. Berkonsultasi dengan desainer profesional

Setelah memiliki konsep dan gambaran kasarnya secara umum, langkah selanjutnya adalah mengkomunikasikan hal tersebut dengan desainer profesional agar divisualisasikan ke dalam sebuah desain utuh. Anda tinggal melihat dan menilainya kemudian.

Pastikan desainer tersebut mampu mewujudkan hasil gambar Anda setidaknya ke dalam bentuk prototipe agar bisa dievaluasi bersama. Tidak hanya dari segi desain dan kombinasinya, komunikasikan juga soal pilihan material utamanya.

4. Gunakan material berkualitas tinggi

Pembahasan soal material tidak akan pernah bisa dilewatkan dalam sebuah proses pembuatan reklame atau signage. Selain menentukan masa pakai dari benda tersebut, ketahanannya juga sering menjadi pertimbangan secara khusus.

Baca juga: Keunggulan Menggunakan Papan Nama dari Bahan Akrilik

Tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, benturan, hingga guncangan, adalah tiga komponen utama dari material yang akan dipilih. Jika ingin hasil terbaik, akrilik bisa menjadi rekomendasi sebagai bahan utama dari signage.

5. Alokasikan dana khusus untuk pembuatan signage tersebut

Proyek pembuatan papan nama sangat tergantung pada alokasi dana yang dianggarkan. Jika jumlahnya terbatas, pemilik bisnis harus pandai-pandai mengatur pengeluaran agar proses pembuatannya tidak langsung berhenti di tengah jalan.

Oleh sebab itu, usahakan agar menghitung rincian biaya apa saja yang diperlukan jauh-jauh hari sebelum proyek dimulai. Dari hasil hitungan-hitungan tersebut, alokasikan sejumlah dana untuk proses awal pembuatan hingga akhir.

Manfaat Signage Bagi Pemilik Bisnis

Signage yang menarik secara visual dinilai sangat ampuh untuk menggaet perhatian calon konsumen. Tidak hanya sebagai media untuk memperkenalkan bisnis secara umum, tapi juga menumbuhkan kesadaran merek di benak mereka.

Oleh sebab itu, signage sebagai salah satu bentuk promosi tidak bisa dibuat secara sembarangan agar bisnis tidak rugi. Citra positif yang ditampilkan secara tidak langsung akan selalu diingat oleh masyarakat. Oh iya, jangan lupa untuk membayar pajak reklame ya jika papan nama yang dipasang menjadi objek pajak.

Ketatnya persaingan di dunia usaha membuat para pemilik bisnis dituntut untuk selalu melakukan inovasi dan berpikir kreatif. Salah satunya adalah merancang papan nama dengan konsep unik agar mudah dikenali konsumen.

Cimika Solusi Kreatif bergerak di bidang outdoor & indoor advertising, pengadaan media promosi dalam bentuk reklame yang ditempel di bangunan, di berbagai sudut jalan, ataupun di tempat-tempat lainnya yang dikehendaki.

Cimika Solusi Kreatif ditenagai oleh para pekerja yang berpengalaman bertahun-tahun di industri ini. Kami siap melayani kebutuhan reklame Anda. Hubungi customer service melalui telpon atau chat WhatsApp di nomor 0812-5553-4141 atau email ke info@cimika.id

4.9
Rated 4.9 out of 5

Bagikan artikel ini:

Silakan chat dengan tim kami CS akan merespons dalam beberapa menit
Halo 👋 ada yang bisa kami bantu?